Rabu, 28 Mei 2008

Jangan Musuhi Plak


Plak tuh apaan ya... Geplak, ato.. itu tuh, bunyi kalo ditampar.. plakkk... Bukan.. bukan.. jangan ngawur. Si plak disini ada hubungannya dengan kesehatan gigi. Plak di ilmu kedokteran gigi dikenal juga dengan karang gigi, yaitu suatu lapisan yang terbentuk pada gigi akibat kondisi di dalam mulut, bisa karena adanya sisa makan ato kondisi air liur.

Sikat gigi memang bisa menghilangkan plak, tapi dalam dua jam si plak cs akan terbentuk lagi. Jangan buru2 musuhan dengan mereka karena pla dkk sebenarnya ada fungsinya yaitu berfungsi melindungi gigi. Plak berguna sebagai oli ato pelicin di seluruh rongga mulut, permukaan lunak (misalnya lidah dan pipi bagian dalam), maupun permukaan keras seperti gigi.

Kalo plak gag ada maka rongga mulut akan kering, PH jadi asam dan akhirnya menimbulkan radang gusi. Si plak ini baru bermasalah apabila tercampur dengan gula dan karbohidrat, yang menyebabkan PH-nya terlalu asam (dibawah 6) yang lama kelamaan akan melubangi gigi.

Jadi.... baiknya memang usahakan setiap enam bulan sekali kita periksakan gigi ke dokter. Tujuannya gag lain adalah agar kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga.. dan senyum pun jadi cling.. cling..*berbintang2*

19 komentar:

ijal mengatakan...

senyum impian tuh mb... yang "berbintang2"..

sayang.. berhub. gosipnya dulu sering minum antibiotik, jd sekarang giginya ga bisa cling.. (T_T)

agaz mengatakan...

kalau ga musuhin plak, truz mau musuhin sapa? musuhin BBM? dah banyak yang musuhin... hhehhhhehh..

aprie mengatakan...

huah..kirain ada yang ditampar *plaak!!!..
he...

Rizki Eka Putra mengatakan...

saya paling takut ke dokter gigi kenapa ya nin?

nina mengatakan...

yang punya rumah ikutan cerewet buat :
@ ijal : gak papa Jal, yang penting masih punya gigi...

@ agaz : musuhin nyamuk ajah soalnya tiap malem rebutan darah...

@ aprie : itu sih KDRT 'kali yeee..

@ Uda : sama Da, blom masuk ruangan dokter dengkul rasanya lemesss, pas liat kursinya brasa mo pingsan...!

~ tc ~ mengatakan...

huhuhu aku paling males dan takut ke dokter gigi..jadinya ke dokter gigi kalo lagi ada masalah aja... hehehe

Ernita D mengatakan...

bagus deh kalo begitu, berarti gak pa2 berplak ria...hehehe. dr kecil sampai sekarang saya nggak lebih dr 5 kali bersihin plak...ngiiluuu soalnya

Anak berbakti mengatakan...

Setelah baca blog ini aku jadi sadar klo aku malas gosok gigi, ternyata ada gunanya

nina mengatakan...

tuan rumah ikutan ngobrol dengan :
@ TC : mari kita buat perkumpulan : parno dokter gigi, huehehe..

@ nita : emang nit, ngiluuuu... skale, sampe2 berurai aer mata gara2 nahan ngilunya

@ anak berbakti : eits... jangan salah kaprah, merawat gigi dan mulut itu tetap harus rutin loh

pudi-interisti mengatakan...

Iya mbak, plak emang harus tetep ada. kemarin aku naik sepeda motor gak ada plak nomornya kena tilang polisi lho...

nindya mengatakan...

aku ikutan tc tuh..males n takut ke dokter gigi..hihihi.. kalo sakit baruuu deh

Gudang Kambing mengatakan...

Gigi terdiri dari enamel, dentin dan sementum. Bagian luar dari mahkota gigi adalah enamel. Enamel lebih dikenal dengan email gigi, merupakan lapisan tipis + 1-2 mm, yang membantu tabir pencegahan pada gigi. Enamel mengandung kalsium, fosfat dan ion lain dengan struktur yang lebih dikenal dengan hydroxyapatite. Fluoridasi pada air, pasta gigi, obat kumur dan tablet fluor dapat meningkatkan ketahanan enamel terhadap asam, sehingga proses karies (lubang) dapat diminimalkan. Ini katanya Pak dokter

Slugger mengatakan...

dokter gigi mahal bu....

imgar mengatakan...

hua..jadi inget udah saatnya ke dokter gigi. tapi koq ya males ? :p

日月神教-任我行 mengatakan...

,徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,離婚,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社

variasi mobil mengatakan...

lah kalo plak ga dimusuhin..akibatnya...gigi berlubang dong...

airlangga mengatakan...

artikel yang sangat bagus sob sukses selalu ya

daniel alves mengatakan...

terimakasih banyak sob atas informasinya sangat bermanfaat buat saya

daniel alves mengatakan...

salam kenal aja gan ,,,,,,,,,,