Senin, 28 April 2008

Pusiiiii.....iiinggg !!!


Akhirnya nge-blog lagi setelah *serasa* lima puluh taon aku gak buka blog. Guys... sebenarnya *mo curhat dikit niy* beberapa hari ini emang di kantor lagi ada masalah. Boleh ya crita dikit, gini... aku khan punya staff dengan jabatan kasir yang udah kerja ampir dua taon, sebut ajah ms. X. Selama ini aku liat performance kerjanya bagus, gak ada masalah. Tapi sejak ms. X ini ikutan salah satu MLM, pelan2 kerjaannya jadi terlantar dan kacau, ditambah lagi dia sering ngumpulin sesama anggota MLM *yang juga pegawai sini* di ruangan kasir *padahal smua tau kalo di kasir gak boleh ada orang luar karena disini tempatnya duit*.

Jelas ajah ini udah diluar standar kerja perusahaan, dan si ms. X kena tegoran. Gak disangka dia gak terima dan marah2 tros ninggalin gitu ajah kerjaannya dan sampe hari ini gak datang2 lagi ke kantor dah ampir seminggu *terpaksalah kita merangkap kerjaan jadi kasur eh... kasir*.

Pasti para bloggers bilang, ya... gampang, pecat ajah... Masalahnya, si mis. X ini adik ipar dari bos kita dan sekarang beliau juga lagi operasi jantung *ribet yah...* Aku juga baru tau kalo ternyata ms. X ini ternyata lagi dalam perawatan psikiater dan kalo lagi *kumat* sering dikasi obat penenang...Oh no.... Pantesan dia ngamuk2 gak terkendali gitu gara2 ditegor kesalahannya, ternyata dia mengidap suatu penyakit kejiwaan kambuhan *lupa nama penyakitnya*, walopun masih dalam stadium blom parah...

Oh dear God.... sebagai supervisornya what shoud I do..... Aku harap si bos segera pulih dari operasinya jadi aku bisa tukar pikiran dengan beliau... Doain ya biar urusan ^tali air^ ini cepat beres.....

Rabu, 23 April 2008

Maling koq Mencuri......


Bank dibobol? Biasaaa..... namanya juga tempat nyimpen duit dan barang2 berharga lainnya, pasti ada ajah orang yang pingin kaya cara instan dengan cara membobol bank *pilem tentang bank dirampok juga buanyak banged, sampe kadang2 aku mikir gimana ya kalo ntar cara di pilem ditiru beneran*. Tapi kalo yang dirampok itu bank sperma, nah.... ini baru ganjil.

Kejadiannya di India tepatnya di negara bagian barat Maharashtra, seseorang yang bernama Anil Punjaba Mohite telah mencuri 101 sampel sperma dari Cyrobank, suatu bank sperma di kota Aurangabad, dan telah ditawarkan untuk dijual seharga 25.00 Rupee ato US$ 626. Si mister maling ini rupanya sodara salah satu pegawai di bank tersebut. Polisi dapet info tentang sperma yang diperjualbelikan dari dokter2 yang ditawarkan barang curian ini.

Kejadian ini karuan bikin orang2 disana agak bingung, soalnya mencuri ^komoditas^ ini sangat sulit dan penjualannya juga nggak kalah ribet karena sperma mempunya umur yang terbatas dan nggak bisa digunakan oleh dokter tanpa ada data penyerta yang lengkap.

Fiuh... *nggak bisa ngomong lagi sangking bingungnya*....

Senin, 21 April 2008

Tua dan Bahagia


Tua dan bahagia? Koq bisa yaa... padahal hampir smua orang takut jadi tua... takut jadi keriput, fungsi kelima panca indra berkurang, lemah dan nggak berdaya, bla bla bla..... Mungkin itu sedikit contoh yang bisa mewakili prasaan buat orang2 yang takut jadi tua, suatu proses alamiah yang akan dialami setiap makhluk bernyawa di dunia ini.

Tapi satu penelitian yang dilakukan ahli sosiologi bernama Yang Yang di University of Chicago- Amerika ternyata bisa mematahkan asumsi kalo tua = menderita. Menurut penelitian si ms/mr *gak tau jelasnya sih* Yang Yang, dengan bertambahnya usia maka persepsi seseorang tentang hidup juga bertambah baik.

Orang yang berusia lanjut menghadapi sejumlah kesukaran yang tak terelakkan, termasuk rasa sakit dan nyeri serta kematian orang2 yang dekat dan dicintainya. Namun orang yang lebih tua biasanya telah belajar untuk lebih puas dengan apa yang mereka miliki dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih muda. Ini terjadi karena mereka telah belajar untuk menurunkan harapan dengan menerima secara lebih baik apa yang telah dicapai, istilahnya gak papa deh aku cuman guru sekolah dan bukan peraih Nobel Perdamaian.

Hmmm..... gimana dengan kondisi kita disini ya. Jelasnya mau nerima ato nolak, proses penuaan pasti akan berjalan. Buat yang bisa menyikapi mungkin akan menghadapinya dengan senyuman bahagia tapi kalo nggak nyiapin mental, hwdugh... bisa2 terpental2 tuh... Makanya siap2 dari sekarang gak ada salahnya koq *tiba2 aku ngerasa dah nenek2* ^_^

Sabtu, 19 April 2008

Ayo... Legowo...!!


Beberapa hari ini suasana di seluruh Sumut masih hangat seputar hasil sementara versi LSI dan KPU, yang menyatakan pasangan calon Gubsu dan Wagubsu dengan nomor urut 5 mendapat persentase tertinggi perolehan suara dari pilkada hari Rabu 16/4/08 lalu. Semua orang baik di kantor, warung kopi, tempat parkir juga mulai dari ibu2, bapak2, tukang sayur, mahasiswa dll pada ngebahas pro dan kontra pasangan yang mendapat persentase suara tertinggi itu. Btw, kebetulan aku juga nyoblos duet ini, tapi eits... jangan salah. Aku milih mereka bukan cuma karena figur tapi karena mereka juga didukung oleh PKS *aku bukan orang partai cuman simpatisan ajah*

Yang menarik disini, salah seorang calon Wagubsu kayaknya ngerasa beliau dan pasangannyalah yang berhak dapet persentase suara tertinggi dan beliau akhirnya menempuh jalur hukum menggugat KPU *alasannya banyak simpatisan mereka yang gak dapet surat suara*, dengan menyiapkan 20 orang pengacara untuk kasus ini. Ck...ck..ck..

Gak sengaja waktu di perjalanan pulang dari kantor ke rumah, aku denger bincang2 di radio mobil mengenai hasil pilkada ini *aku lupa sapa pembicaranya*. Si bung A ini bilang, siapapun yang menang kita harus legowo buat nerima kondisi itu, kasilah si Gubsu waktu untuk membuktikan bahwa dia emang mampu untuk menjalankan visi dan misinya. Trus dijawab lagi ama lawan bicaranya, sebut aja Bpk B,"nah.. itulah yang sulit, soalnya gak ada orang yang namanya Pak Legowo sih...."

Dengan kata lain maksudnya, ikhlas dan nrimo itu berat hukumnya untuk dilakukan, apalagi ini hal yang besar yang juga udah memakan pengorbanan *biaya dan waktu* yang sangat besar. Mungkin sebelum kita ikhlas buat hal besar, belajarlah untuk membuka hati kita agar bisa ikhlas buat hal yang terkecil dulu...

Rabu, 16 April 2008

Datang, Nyoblos dan .. Menang !!

Hari Rabu kemaren, kita warga Sumut barusan berpesta besar, pesta demokrasi milih langsung untuk pertama kalinya Gubsu kita untuk periode lima taon ke depan. Tentu ajah aku juga gak mo ketinggalan moment yang besar dan bersejarah ini. Calon2 gubsu kali ini termasuk unik karena jumlahnya ada lima pasang, biasanya paling banyak pilkada hanya ada 3 pasang calon (kayak di Jabar itu loh).
Pagi2 jam 9-an aku dateng ke TPS yang cuma berjarak satu rumah ajah dari rumahku (deket skale), antrian lumayan penuh, dan dengan bismillahirrahmanirrahim kucoblosin paku gede yang disediakan KPU ke gambar pasangan pilihanku. Aku bener2 berharap pasangan ini bisa menang dan bisa membawa kita2 di sumut ke arah yang lebih baik. Salah satu contohnya yaitu bisa mengatasi krisis listrik yang udah berkepanjangan (sejak taon 2000).
Kenapa aku pilih pasangan itu? Gak taulah.. secara pribadi aku emang gak kenal dengan mereka tapi ntah kenapa hati kecilku berat untuk milih mereka. Secara umum emang masyarakat tau kalo si Bapak calon Gubsu ini orangnya down to earth skale. Banyaklah bla.. bla.. soal figur Bapak ini yang slalu merakyat dan sederhana.
Aku ada kenangan dikit, sebenarnya tentang putri beliau yang kebetulan adik kelasku waktu SMA. Waktu si putri ini menikah (saat itu si Bapak menjabat Bupati Langkat), kebetulan ayahku dapet undangannya dan kita sekeluarga pun hadir diresepsinya. Nggak disangka waktu aku nyalamin pengantin, si mempelai wanita inget namaku dan bilang,"makasi ya Kak Nina" Padahal waktu SMA (waktu itu si Bapak juga blom jadi Bupati) kita tuh gak pernah bertegur sapa, eh.. koq bisa2nya dia inget namaku yang notabene bukan siapa2. Surprise skale..!!
Skali lagi, selamat ya Pak Ripin buat kemenangannya! Dukungan dan doa kami menyertai langkah Bapak untuk memajukan Sumut!

Minggu, 13 April 2008

Cuap-cuap di Kabin Pesawat


Ber-say hello di udara alias di penerbangan komersil sekarang bukan cuman impian. Sebelumnya hal ini masih uji coba ajah, tapi sekarang udah bisa diwujudkan. Pengen nyoba? Booking dulu tiket pesawat Emirates (sebuah perusahaan penerbangan milik negara Uni Emirat Arab) dan silahkan nikmati cuap cuap ber-hp ria di kabin pesawat.

Panggilan ponsel pertama di pesawat ini dilakukan pada ketinggian 30.000 kaki jurusan Dubai-Casablanca, dengan tipe pesawat Airbus A340-300. Airbus ini memiliki sistem Aeromobile yang akan diaplikasikan pada semua pesawat Emirates nantinya. Sistem Aeromobile memungkinkan ponsel dioperaskan dengan sinyal minimum sehingga nggak akan mengganggu navigasi penerbangan.

Selain itu, sistem ini bisa dikendalikan dengan mudah oleh awak pesawat untuk membatasi jumlah panggilan yang dilakukan penumpang. Para penumpang dijamin bisa menerima dan melakukan panggilan telepon, juga ber-SMS selama penerbangan berlangsung. Tapi tetap ada pembatasan dan ketentuan yaitu kondisi ponsel dalam keadaan silent agar tidak mengganggu ketenangan penumpang lain.

Wah.. betapa teknologi makin bikin hidup ini gampang dan nyaman....

Jumat, 11 April 2008

Sukses dan Kaya Cara Tionghoa


Siapa yang gak kenal dengan nama2 Susi Susanti, Bob Sadino, Marie E. Pangestu atau Agnes Monica? Mereka adalah contoh kecil tokoh Indonesia keturunan Tionghoa yang mengukir prestasi di bidang masing2. Mereka membuktikan bahwa keturunan Tioghoa tidak hanya bisa sukses sebagai pedagang. Berikut 7 etos kerja mereka yang hebat dan pastas diikuti.

1. Tak Takut Bermimpi. Tidak perlu gengsi untuk meniti karir dari posisi paling bawah, karena mereka berani bermimpi meraih posisi yang lebih tinggi. Contohnya, seorang loper koran bermimpi mempunyai penerbitan nantinya. Dengan bermimpi, disadari atu tidak mereka akan berusaha atau mencari strategi untuk mewujudkannya.

2. Bekerja dan Bekerja. Orang Tionghoa berpendapat apabila ia tidak melakukan hal yang berguna untuk dirinya atau orang lain maka hidupnya akan sia2. Waktu dan kesempatan adalah suatu kemewahan yang pantang disia2kan.

3. Berpikir untuk 3 Keturunan. Ini adalah falsafah Konghucu, contohnya apabila sesorang mempunyai uang Rp.50.000,- maka ia hanya menggunakan Rp.15.000,- untuk keperluan pribadinya. Sisanya akan disimpan untuk keperluan anak dan cucu. Dengan bersikap hemat bisa mengantisipasi berbagai masalah di kemudian hari.

4. Tak Pernah Menyerah. Orang Tionghoa percaya bahwa setiap rintangan dalam hidup akan membawa dirinya pada konsisi yang lebih baik. Cobaan yang berhasil dilewati akan mendapat ganjaran yang lebih besar.

5. Menguasai Bisnis dari Hulu ke Hilir. Seorang pengusaha Tionghoa akan menghemat biaya produksi dengan mengangani seluruh proses produksi. Memang ilmu ini rawan praktek monopoli tapi bisa diambil positifnya yaitu kita harus bisa mengenal dan menguasai seluruh pekerjaan yang digeluti.

6.Memberi Pelayanan Terbaik. Pepatah Tionghoa berbunyi 'jika tak pandai tersenyum janganlah membuka toko'. Kira2 maksudnya adalah dalam berkarir atau berbisnis kemampuan kerja bukanlah yang utama, tetapi jugaharus mampu mmbawa diri dalam berbagai situsi.

7. Memelihara Relasi. Menurut pepatah Tionghoa ' walau berisik dan buang kotoran dimana2, janganlah menyembelih angsa bertelur emas'. Ibarat memelihara angsa bertelur emas, hubungan dengan relasi wajib dijaga walau merugi pada awal berpartner.

Rabu, 09 April 2008

F.O.B.I.A


Hampir setiap orang pernah ngalamin rasa takut, entah itu ketika ujian, wawancara kerja, ke dokter gigi dll. Makanya punya rasa takut itu sangat alami dan manusiawi. Tapi ada juga orang yang punya rasa takut begitu mendalam, dengan alasan yang nggak rasional sampe2 hidupnya ketenangan hidupnya terganggu, padahal umumnya orang ngerasa biasa ajah dan menganggap kadar ketakutannya itu berlebihan. Itulah yang disebut phobia yaitu takut terhadap objek atau situasi tertentu.

Fobia yang paling umum adalah pada saat berpidato sedangkan fobia yang paling jarang ditemui adalah makan dan minum di depan orang lain. Berikut beberapa fobia yang tergolong 'aneh' tapi ternyata banyak juga pengidapnya.

- keraunophobia = takut pada petir

- gamaphobia = takut pada pernikahan

- koniphobia = takut pada debu

- gynephobia = takut pada wanita

- leukophobia = takut pada warna putih

- alliumphobia = takut pada bawang putih

- latrophobia = takut pad dokter

- misophobia = takut pada kotoran

- pediculophobia = takut pada kutu

- peladophobia = takut pada orang botak

- pentheraphobia = takut pada mertua perempuan

- klaustrophobia = takut pada ruangan tertutup

- ailurophpbia = takut pada kucing

- achluophobia = takut pada tempat gelap

- akrophobia = takut pada tempat tinggi

- bathnophobia = takut pada kedalaman

- anophobia = takut pada segalanya


Syukur2 aku gak termasuk salah satu phobia di atas, hmm.. sebenarnya aku juga punya fobia.... yaitu... ah, off the record ajah.... T_T

Senin, 07 April 2008

TOLOO..OONG !!!


TOLOOO...OONG !!!! *sambil nutupin wajah dengan kedua tanganku* Sebenarnya aku sadar.. sadar banget kalo diriku ini penakut. Tapi entah dorongan apa pula yang bikin aku ikut2an temen sekantor nonton film Fitna yang menghebohkan itu. Tadinya sih, cuek2 ajah, pas yang laen berseru2 heboh, aku jadi penasaran. Buat yang blom nonton, boleh ya aku bagi dikit ketakutanku.

Film ini berdurasi 15 menit, adaegan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran (kalo gak salah surat 8 ayat 60). Aku sendiri terus terang gak hapal itu ayat tentang apa. Setelah pembacaan ayat suci selesai (ada terjemahan bhs Belandanya), mulailah adegan tragedi 11 September di WTC Amrik, dimana mayat2 bergelimpangan dan kerusuhan disana sini. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat Al-Quran lagi dan kali ini adegannya tentara Islam berpakaian serba tertutup (pake topeng) melakukan eksekusi pemenggalan kepala seorang tawanan perang *disini ajah dengkulku dah lemes rasanya*.
Yang bikin kepalaku berkunang2 mo pingsan, ada adegan dimana kepala seorang wanita berjilbab yang baru dipenggal dan begitu ajah kepalanya terletak di lantai. Masyaallah..! Juga di film ini ditunjukkan komunitas Islam di negara Belanda yang tiap tahun semakin meningkat jumlahnya. Ada juga adegan gimana komunitas Islam ini melakukan kekerasan dengan kaum homoseks (Belanda adalah negara yang melegalkan hubungan sesama jenis). Film ditutup dengan merobek lembaran Al-Quran.
Astaghfirullah 'al 'aziim...!! Kata2 ini bolak balik terucap olehku, gimana enggak.... Si pembuat film (yang ternyata seorang politikus) menerjemahkan ayat2 Al-Quran dengan adegan kekerasan, seolah2 Al-Quran itu bikin umat Islam jadi brutal dan sadis!!
Cobaan.. yah ini semua emang cobaan buat kita umat Islam untuk makin memperkuat iman dan taqwa kita hanya kepada Allah SWT.

Minggu, 06 April 2008

Are You One of (Fashion) Victim??


Perempuan = (harus) cantik. Cantik itu yang gimana seh? Itu loh.. (menurut standar iklan) rambutnya harus lurus panjang, kulit putih mulus, tinggi semampai dan bla.. bla.. bla.. Kasian ya, padahal Allah SWT menjadikan makhluknya dengan berbagai rupa dan ukuran. Ada yang rambutnya ikal, kribo, berkulit coklat, kuning langsat, berpostur pendek, gempal... Walhasil sangking pengennya ngikutin standar cantik menurut para pembuat iklan, berbondong2lah wanita yang ngerasa dirinya di bawah standar mempermak dirinya dari ujung rambut ampe ujung kaki... Sungguh memprihatinkan... Bukan itu ajah, mereka pun rela 'menyiksa diri' dengan :


  • Nongkrong di salon *sampe leher/kepala pegel* selama berjam2 buat rebonding alias ngelurusin rambut biar bisa kayak model iklan sampo.

  • Pake krim pemutih wajah *sampe kadang2 tuh muka meradang kayak kepiting rebus* dari mulai bedak, foundation dan pake krim pagi-siang-malem, biar putih mulus kayak model di tipi.

  • Melakukan implant silikon *yang beresiko kanker* di daerah2 yang dianggap kurang ideal.

  • Diet mati2an buat ngurusin badan, padahal dari sononya udah punya tulang gede *akhirnya masuk RS gara2 masalah pencernaan*

  • Pake korset waktu maw mengenakan 'body suit' kayak kebaya *biar keliatan singset*, padahal sampe susah duduk dan bernapas sangking ketatnya.

  • Ber-stiletto-ria *catatan = stiletto mempunyai hak paling rendah 10 cm* agar kaki dan betis keliatan jenjang dan langsing, padahal tuh jari kaki udah cenut2 sangking pegelnya.

Tujuan menyiksa diri? Ya.. apalagi kalo bukan buat menarik perhatian lawan jenis. Oh..no! Throw away that fakes! Sungguh, siapapun nggak akan suka dengan kepalsuan. Dan yang pasti apa yang sudah diberikan Allah SWT, pastilah itu yang terbaik, mungkin hanya rasa syukur yang belum ada... Kalo rasa itu udah diresapi, mungkin nggak akan ada yang namanya korban mode!


Kamis, 03 April 2008

Hepi B'day Mom!


Hepi b'day Mom!

Hari ini ultah emakku. Pagi2 tadi aku ngucapin hepi b'day, ngasi kado dan cium tangan, juga cipika cipiki emakku. Rencananya seperti biasa nanti malem kita acara makan2 diluar sekeluarga, itulah ritual yang biasa kita buat kalo ada anggota keluarga yang ultah.
Emakku dan aku *rada2 curhat niy critanya* emang banyak kemiripan juga perbedaan. Dari segi face bentuk muka kita mirip, cuman mataku belo kalo emakku enggak. Kalo sifat , kita sama2 bawel *banyak buktinya* tapi aku kalah gesit dan cekatan sejuta kali dibanding emakku. Terus terang ajah yang paling sering beda pendapat (di antara kita 3 bersodara) adalah aku dan emakku *bener gak seh kalo mirip katanya suka panas auranya*. Entahlah...
Tapi yang pasti, emakku adalah a super mom buatku. Dari mulai aku oek.. oek.. sampe sekarang peran beliau tak pernah lepas dari hidupku. Bukannya mengecilkan peran ayahku, you're a super dad to me too! Yang jelas, kita semua bisa eksis karena orang tua, bukan? Dan kalo kupikir2 jasa orangtua nggak akan bisa dibales dengan gunung emas sekalipun sangking gedenya!
Kalo kuingat2, betapa dulu (terutama usia SMP-SMA) aku bukan anak yang penurut. Adaa..aa ajah ngelesnya kalo dibilangin. Tapi doa ortu ternyata selalu mendoakan yang terbaik buat anaknya, kalo nggak mana mungkin aku bisa kayak sekarang ini.
Ah.. sutralah curhatnya.. aku cuman mo ungkapin kalo though I used to disobey you, I know you've tried to give me the best... happy b'day mom... love you forever and always...

Rabu, 02 April 2008

Mas Kawin oh.. Mas Kawin


Kemaren aku lagi bongkar2 gudang, rencananya banyak tumpukan koran2 dan majalah yang maw diloakin. Sambil bongkar2 sempet juga baca artikel yang basi2. Salah satu yang basi tapi menarik juga adalah berita tentang gagasan MA taon 2005-an. Ternyata di taon itu MA pernah mengeluarkan gagasan tentang penetapan 'mas kawin' bagi WNI yang ingin menikah dengan WNA.

Diberitakan bahwa MA merencanakan penetapan mas kawin yang harus disiapkan oleh calon pengantin pria WNA untuk calon istrinya WNI, sebesar US$ 50.000. Mas kawin ini wajib dibayarkan ke bank pemerintah sebelum pernikahan berlangsung. Bila terjadi perceraian, secara otomatis dana tersebut menjadi milik pengantin wanita.

Gagasan ini mengundang pro dan kontra diberbagai pihak, salah satunya karena dianggap tidak realistis. Ada2 ajah... lah kalo si bulenya kere, malang bener nasibnya!